Jernihnya Mata Air Ciburial potensi Wisata Yang Dilirik Para pengusaha Lokal

globalaktual.com – Panorama indah wisata mata air Ciburial
di kawasan Gunung Mas Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua Puncak Kabupaten Bogor Jawa Barat. Merupakan destinasi wisata alam yang cukup tertata dengan baik sebagai salah satu sarana rekreasi keluarga, teman dan pencinta alam.

Berdiri pada tahun 2021 diatas lahan seluas 3 Hektar,wisata mata air ciburial yang terbilang baru namun demikian wisata mata air Ciburial ini cukup diminati para pengunjung, dengan jam operasional dari pukul 08.00.Wib.Pagi sampai dengan pukul 17.00.Wib. Sementara untuk Jam operasional Kedai Kopi dari pukul 08.00 Wib.s/d pukul 21.00 Wib.

Selain akses yang tidak jauh dari jalan utama yaitu Jalan Raya Puncak Bogor, harga tiket masuk yang murah, cukup sepuluh ribu rupiah sudah termasuk (berenang). Lahan parkir yang cukup luas dengan harga parkir untuk kendaraan mobil 5000 rupiah dan motor 2000 rupiah , selain itu dilengkapi dengan beberapa sarana lainnya seperti kedai kopi dan aneka jajanan yang murah dan sehat, kolam renang, tiolet, Mushola dan taman bermain anak.

Unun Maneger Kedai Kopi Ciburial di area wisata mata air ciburial, saat dikonfirmasi dilokasi ( 23/06/2021) mengatakan,
” untuk pengunjung yang datang kemari memang belum banyak ” yah mungkin karena kondisi vandemi covid dan kita juga tetap harus menjaga prokes sesuai anjuran pemerintah saat ini, saya sih berharap kedepan akan lebih baik dan covid segera usai, ” harapnya.

Terpisah masih dilokasi yang sama,
Imam Sukarya selaku pemerhati lingkungan dan juga sebagai ketua LSM Ikatan Komunitas Kawasan Puncak bogor dan Sekitarnya ( IKKPAS) Kabupaten Bogor. menyampaikan bahwa” wisata mata air Ciburial dengan luas area 3 Hektar ini berdiri pada tahun 2001 dan 4 bulan terakhir ini telah di renovasi dan tidak mengurangi ke asriian alam di sekitar mata air Ciburial. “Sejak di renovasi belum Grand Opening,
ini baru Soft Opening, di karenakan masih Pandemi Covid-19. “Adapun para pengunjung yang datang tetap wajib melakasanakan protokol kesehatan,
” terang Imam.

Iman menambahkan ,” Mata Air Ciburial adalah anugerah dari Allah SWT. ” Berasal dari resapan mata air yang sejak dari zaman dahulu sudah ada. “Sebelumnya bernama Mata Air Ciburial Salada, perlu adanya dukungan dan perhatian dari kita dan semua pihak dengan tetap memperhatiakan lingkungan. Dengan adanya wisata mata air Ciburial ini secara tidak langsung Kabupaten Bogor khususnya Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua semakin di kenal oleh wisatawan baik lokal maupun wisatan manca negara.” Dan yang terpenting pengelola wisata mata air ciburial ini dikelola oleh orang pribumi asli termasuk 15 karyawannya. Sejak virus covid-19 menerpa di seluruh dunia termasuk Indonesia, pengunjung yang menikmati secangkir kopi sangat menurun drastis,” semoga hal ini cepat berlalu dan ekonomi kembali membaik.
“pungkas nya.
(M.F)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *