Parlemen

Wabup Yana Harapkan Penerapan PPKM Darurat di Ciamis Berjalan Baik dan Benar

PROKOPIM CIAMIS, globalaktual.com – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengikuti rapat evaluasi Satgas Covid-19 yang dilaksanakan di Sekretariat Satgas Covid 19 Kabupaten Ciamis, Jum’at (09/07/2021).

Pada kesempatan tersebut Wabup Yana berharap agar penerapan PPKM darurat di Kabupaten Ciamis dapat benar-benar berjalan baik sesuai dengan yang di cita-citakan.

“Tujuh hari sudah PPKM darurat ini dilaksanakan, saya berharap di sisa-sisa waktu yang tersisa penerapan PPKM darurat ini bisa terus berjalan baik sesuai dengan yang di harapkan, ” Ucap Wabup.

Menurutnya, substansi dari pelaksanaan PPKM adalah memberikan kesadaran pada masyarakat sehingga protokol kesehatan benar-benar dapat dilaksanakan.

Untuk itu Wabup Yana menghimbau agar tim satgas senantiasa memantau posko-posko yang ada di Desa agar bisa benar-benar berjalan maksimal.

Selanjutnya Wabup Yana menyampaikan sampai saat ini tingkat kepatuhan masyarakat di PPKM darurat ini berada di angka 83,6 persen.

“Kita ingin Paska PPKM darurat ini kasus Covid 19 di Ciamis secara keseluruhan bisa turun,” Jelasnya.

Terkait ketersediaan oksigen Wabup menyampaikan berdasarkan laporan Disperindag sampai saat ini sudah mulai tercukupi meskipun belum maksimal.

“Kebutuhan harian terhadap gas oksigen di Kabupaten Ciamis setiap harinya sekitar 70 sampai dengan 120 tabung,” Tuturnya

Sementara itu Kabid Yankes Dinas Kesehatan dr. Eni Rochaeni mengatakan keberhasilan dalam penanganan Covid 19 itu tidak terlepas dari pelaksanaan 3T, 5M dan percepatan vaksinasi.

Ia menerangkan untuk penguatan di hulu, pihaknya telah mengambil langkah strategi dengan penilaian 5M untuk mengetahui seberapa besar kepatuhan masyarakat.

“Berdasarkan data dari aplikasi, untuk tingkat kepatuhan masyarakat di bidang tranportasi sebesar 81%, pusat pembelanjaan 88%, tempat ibadah 83% pabrik 88% dan restoran 91%, ” Paparnya.

Dijelaskan dengan adanya data-data tersebut nantinya bisa dilihat daerah-daerah atau kecamatan dengan kepatuhan yang rendah sehingga pengawasan terhadap daerah tersebut dapat lebih ditingkatkan.

Turut hadir dalam rapat evaluasi tersebut Sekretatis Daerah, Kapolres Ciamis, Dandim Ciamis, Kepala BPBD, Kasatpol PP, serta para SKPD terkait lainya.

Sumber: PROKOPIM CIAMIS, Kepala Bagian Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *