• Sab. Jul 27th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Bupati Jeje Berikan Sertifikat ODF Pada Pemdes Cimanggu

Byadmin

Nov 11, 2021

Pangandaran, globalaktual.com – Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinta berikan penghargaan berupa sertifikat Open Defecation Free (ODF) kepada Pemdes Cimanggu Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, bertempat di lokasi Objek wisata curug luhur kampung pakis, Kamis (9/11/2021).

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemdes Cimanggu dianggap berhasil menyelesaikan masalah Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Saya apresiasi kepada kepala desa Cimanggu yang telah berhasil mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), saya menilai hingga saat ini masih banyak yang belum menggunakan MCK berbasis rumah tangga. Kepada Kades agar format PHBS harus dibangun pada Sanitasi Berbasis Total Berbasis Masyarakat (STBM),” ujarnya.

Jeje menambahkan, Indek kesehatan yang pertama adalah bagaimana penyiapan pasilitas kesehatan.

“Maka Puskesmas kita bangun, rumah sakit kita luarbiasa megahnya, sampai anggarannya menghabiskan 400 M, serta gratis, itu terus kita lakukan dalam pelayanan kesehatan, sampai kita tidak punya kantor, malah rumah dinas di rumah pribadi, itu saking kita ingin pelayanan kesehatan pada masyarakat lebih baik, “imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Pangandaran, Kusdiana, Plt Kadis Kesehatan Pangandaran Yadi Sukmayadi, Kepala BPKD Pangandaran, Drs. Hendar Suhendar S, MM. dan para anggota DPRD Pangandaran, Camat langkaplancar, para muspika, para kades se-Kecamatan Langkaplancar, warga Cimanggu dan tamu undangan lainnya.

Sementara Kades Cimanggu, Dede Pendii menyampaikan pencapaian ini merupakan hasil sinergitas dan dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Dinas Kesehatan, Bappedalitbang, Dinas Perumahan dan Permukiman, Forum Kota Sehat dan PKK.

Salah satu cara untuk menciptakan masyarakat yang sehat menurut Dede yaitu melalui ODF. Untuk itu pihaknya telah melakukan sederet upaya dalam rangka mencapai desa Cimanggu yang ODF, antara lain dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya jamban sehat melalui kader motivator.

“Membangun sanitasi masyarakat (Sanimas) dan membangun IPAL Komunal di pemukiman padat penduduk,” jelasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan derajat kesehatan warganya, Ika mengatakan Pemdes juga memiliki program Bedah Rumah Swadaya.

“Dalam program ini pemdes Cimanggu selain memberikan bantuan untuk perbaikan rumah, juga memberi pengarahan agar warga dapat membangun rumah yang sehat. Sehingga arahan Bupati Jeje tentang MCK berbasis Rumah Tangga bisa secepatnya dicapai,” terangnya.

Dede berharap prestasi ini dapat menjadi stimulan bagi semua pihak agar ke depan bisa memperoleh prestasi yang lebih baik. Menurutnya, keterbatasan dan hambatan yang dihadapi pada suasana pandemi tidak menjadi kendala yang berarti apabila berikhtiar maksimal dan berupaya secara profesional. (Hrs)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *