Pangandaran Dapat Hibah 5.000 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Pangandaran, globalaktual.com – Sekitar 5.000 titik di Kabupaten Pangandaran akan dipasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS).

Fasilitas ini akan diberikan oleh Lembaga Pengelola Proyek Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (LPP BIFBWD) kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Sebagai langkah awal, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan mewakili Bupati Pangandaran, Dadang Dimyati, menghadiri acara Serah Terima Percontohan Pemasangan PJU TS di Balai Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jumat (03/12/2021).

Pada kegiatan ini turut hadir Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Muspika Kecamatan Padaherang, Kepala Desa se Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Dalam sambutan Bupati Pangandaran yang dibacakan oleh Dadang Dimyati menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh LPP BIFBWD.

Hibah PJU TS ini akan disebar ke dess desa yang ada di Kabupaten Pangandaran. Bupati berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Pangandaran secara keseluruhan.

“Hal ini terutama dalam rangka mendukung sisi sektor ekonomi dan keamanan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran juga menyambut baik dan mengapresiasi LPP BIFBWD yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Dia juga menilai instansi tersebut telah berbakti dengan baik kepada masyarakat Indonesia.

Dengan adanya bantuan PJU TS, Dadang Dimyati menargetkan, Indonesia dapat semakin tangguh dan masyarakatnya akan tumbuh.

Sementara itu, Ketua Korwil LPP BIFBWD Wilayah Jawa Barat, Fadil berharap pemasangan PJU TS bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat. Lebih khususnya bagi warga di daerah pelosok dan pedesaan untuk meningkatkan produkvitas. Kemudian juga sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pedalaman.

Menurut Fadil, hibah PJU TS akan dipasangkan di sejumlah jalan desa dan pelosok. Artinya, tidak diprioritaskan untuk jalan provinsi maupun jalan nasional.

Oleh karena itu, diharapkan adanya koordinasi agar akurasi penempatan bisa tepat guna sesuai dengan perencanaan.

Dia juga berharap tidak ada resistensi sekecil apapun dengan adanya bantuan PJU TS. Sebab, pihaknya menganggap PJU TS sebagai hibah.

Ketua Apdesi Kecamatan Padaherang, Dk juga turut mendukung program Hibah PJU-TS ini, karena menurut dia, peta jaringan dan titik koordinat dalam rencana pemasangan PJU-TS sebagian sudah masuk ke beberapa wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Baru satu percontohan saja sudah terang, apalagi kalau sudah sampai ribuan tiang terpasang secera menyebar di setiap pelosok desa,” katanya.

Melihat dari titik rencana pemasangan PJU-TS menurut Kepala Desa Paledah, Sano ternyata ada beberapa akses lokasi yang bakal ikut diterangi oleh LPP BIFBWD seperti Negeri diatas awan dan Gunung Kendeng di Kecamatan Padaherang, tentu ini sangat membantu kami dengan adanya LPP BIFBWD beberapa desa ikut tersinari, karena memang tidak bisa dipungkiri kondisi saat ini masih sangat kekurangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekali lagi Terima kasih, kami sangat mendukung,” ujarnya.  (Yaya)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.