Aktual

Sampah Penghasil Uang  Bagi Kelompok Taruna Super Magot

Pangandaran, globalaktual.com – Sampah salah satunya persoalan dimana-mana. Terkadang sulit untuk diatasi jalan keluar agar tidak bertumpuk.

Kelompok Tani Super Makot yang berdiri beluma lama, sekitar bulan maret tahun 2022, didusun Bojong RT 04 RW 07 desa Bojong Parigi kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran. Dengan anggota 11 orang mampu mengolah sampah bekas sayuran, buah – buahan dan sisa sisa makan diolah menjadi bahan makanan ikan dan ternak.

Adapun cara pengolahannya yaitu dengan dipermentasi sampah – sampah tersebut hingga membusuk sampai muncul menjadi hewan kecil seperti ulat ulat .

Kelompok tani Super Makot  anggotanya pemuda pemuda sekitar dusun Bojong yang memang tidak mempunyai kegiatan yang lain awalnya.

Namun dengan adanya kreatipvitas kelompok tersebut  mampu menciptakan lapangan pekerjaan hingga menghasilkan uang.

Heri salah satu orang yang punya gagasan awalanya hingga membetuk kelompok tani Super Makot menuturkan, tujuan membuat kelompok ini adalah intinya menciptakan lapangan kerja agar yang tidak mempunyai pekerjaan ada aktivitas sehari – hari dan bisa mendapatkan penghasilan.

“Sehingga saya punya ide membuat pakan ikan dan ternak yang bahan bakunya mudah dan cukup modal kecil, dan saya mengabil bahan dari sampah sayuran, buah – buahan yang sudah tidak layak dijual atau sudah busuk di olah cara dipermentasi,”ujarnya.

Dan alhamdulilah tahap awal produksi  hasilnya cukup lumayan serta peminat cukup banyak.

“Harapan saya kedepan lebih meningkat hasilnya, serta bisa ada perhatian dari pemerintah agar lebih berkembang,” paparanya.    (Yaya)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.