• Sel. Jul 16th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Bupati Mura, Hj Ratna Machmud Bertidak Sebagai Pembina Apel siaga

Mura, globalaktual com – Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj. Ratna Machmud bertindak sebagai pembina apel siaga sekaligus meninjau persiapan personil dan sarana prasarana kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar halaman Polres Musi Rawas, Selasa (31/1/2023).

Apel siaga diikuti personil Kepolisian, TNI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dinas Kesehatan BPBD, Basarnas.

Bupati Hj. Ratna Machmud yang menjadi pembina apel mengatakan bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan bencana ini diadakan untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekad untuk saling bahu-membahu serta kesiapsiagaan peralatan dan sarana prasarana yang dimiliki dalam rangka menanggulangi bencana asap yang dimungkinkan akan terjadi di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

“Penanggulangan Karhutla memerlukan langkah strategis dan taktis. Langkah tersebut salah satunya adalah dengan kesiapan kita dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan,” jelas Bupati.

Hj. Ratna Machmud menambahkan bahwa di wilayah Provinsi Sumsel, khususnya di Kabupaten Musi Rawas, diprediksi akan mengalami musim kemarau dengan ditandai kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan informasi BMKG, tahun 2023 akan lebih kering dibandingkan tahun 2022, terdapat kemungkinan terjadi El Nino setelah 3 kali La Nina (2020-2022) sehingga diperkirakan terjadi peningkatan Karhutlah seperti tahun 2019.

“Di Kabupaten Musi Rawas ini tentunya ada beberapa tempat atau wilayah yang memiliki potensi terjadinya karhutla, oleh karena itu, apel ini menandakan bahwa kita siap dan siaga dalam menghadapi bahaya dan dampaknya.”

Usai gelar apel siaga kesiapan penanggulangan bencana, Bupati Musi Rawas didampingi Kapolres Musi Rawas bersama jajaran Forkopimda menyaksikan simulasi pemadaman api oleh BPBD Musi Rawas, dilanjutkan dengan memeriksa personil serta kendaraan dan alat pendukung lainnya dalam menghadapi bencana alam di Kabupaten Musi Rawas.(*/Separi)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *