Nasional

Jokowi Makan Bareng Pekerja HPK di IKN

Kalimantan Timur, globalaktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan pembangunan ibu kota Nusantara (IKN), Kamis 23 Februari 2023.

Usai mengunjungi kawasan rumah menteri, Jokowi menyempatkan untuk mengunjungi kawasan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

Saat tiba di HPK, Jokowi berbincang sebentar dengan beberapa menterinya yang ikut hadir diantaranya Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Usai berbincang dengan menterinya, Jokowi pun menuju ke kantin pekerja konstruksi. Beberapa pekerja nampak makan bersama dengan Jokowi dan menteri-menterinya. Jokowi nampak berbincang dengan para pekerja tersebut.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo duduk semeja dengan para pekerja. Seskab Pramono Anung dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut mendampingi.

Di meja lain, tampak sejumlah menteri juga makan bersama para pekerja. Beberapa di antaranya yaitu Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Setelah selesai makan, Jokowi menyapa para pekerja di HPK IKN. Jokowi juga membagikan kaus kepada mereka.

Sebelumnya, Jokowi memastikan pembangunan IKN Nusantara sudah dimulai. Dia berharap sejumlah infrastruktur selesai di 2024.

Sudah nggak ada masalah, menurut Jokowi, jadi bismillah ini sudah dimulai, sekali lagi kita harapkan Juni selesai.

Jokowi hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa ibu kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya baik infrastruktur berupa nanti kantor dan ini rumah menterinya.

Bahkan menurut Jokowi, tak perlu ada yang diragukan lagi tentang IKN. Pembangunan di lapangan sudah dilakukan.

“Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu ya lapangannya sudah bergerak seperti ini. Karena ini memang bukan proyek 2 tahun atau 5 tahun, ini bisa 10 atau 15 tahun, sama seperti di negara yang lain, yang pindah juga memulai dan selesainya itu kira-kira kurun waktu seperti tadi disampaikan,”kata Jokowi.

Sementara, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun sebanyak 22 tower Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara.

HPK berupa rumah susun (Rusun) dengan teknologi modular tersebut saat ini sebanyak 22 tower sudah siap dimanfaatkan menjadi tempat tinggal bagi para pekerja konstruksi yang akan bekerja membangun sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara.

Iwan menambahkan, dari total 22 tower yang ada saat ini, sebanyak 12 tower diantaranya sudah bisa fungsional untuk dimanfaatkan oleh para pekerja.

“Pembangunan HPK IKN Nusantara ini merupakan amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagaimana tertuang dalam Peraturan. Sehingga diharapkan pembangunan IKN ini juga menerapkan budaya kerja baru dan sistem manajemen keselamatan konstruksi yang baik,”ujarnya.

Ditambahkannya, pembangunan HPK dilaksanakan dalam rangka memberikan kenyamanan, keselamatan dan meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja di IKN.

“Tujuan pembangunan HPK ini nantinya diperuntukkan sebagai tempat tinggal atau sarana akomodasi bagi pekerja konstruksi di IKN Nusantara,”tuturnya.

Jadi, menurutnya, seluruh pekerja konstruksi yang bekerja membangun IKN bisa ditempatkan di lokasi ini. Apalagi dalam beberapa bulan mendatang akan lebih banyak pekerja konstruksi yang datang bekerja di IKN.

Abdullah Haris

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *