• Kam. Jul 18th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Polres Pangandaran Gencar Berikan Sosialisasi dan Himbauan Keselamatan Berkendara

Pangandaran, globalaktual.com – Satuan lalu lintas Polres Pangandaran gencar berikan Sosialisasi dan Himbauan kepada pengendara roda dua untuk selalu menggunakan helm serta melengkapi kendaraannya selama berkendara dijalanan, Hal tersebut dilakukan menindak lanjuti masih maraknya pengendara motor yang tidak menggunakan helm serta kendaraan yang tidak dilengkapi spion hingga plat nomor tidak dipasang.

Kasat Lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha, S.H., M.H. Melalui Kanit Regident Polres Pangandaran Ipda Pol Dimas menyampaikan, kami dari Satlantas Polres Pangandaran sudah memberikan Sosialisasi dan Himbauan khususnya sejak berdirinya Polres Pangandaran yaitu pada tanggal 25 April 2022.

“Kita menilai dari kecelakaan lalu lintas mayoritas korban meninggal dunia itu masih dialami oleh pengandara roda dua,”tuturnya diruang kerjanya di Samsat Pangandaran Rabu, (31/05/2023).

“Tingginya angka fatalitas kecelakaan itu karena disebabkan tidak menggunakan helm tingginya angka kecelakaan tersebut menjadi dasar kita bagaimana supaya masyarakat itu sadar akan keselamatan berkendara khususnya bagi pengguna roda dua yang tidak menggunakan helm. Upaya – upaya gencar dan terus kita lakukan dari tahun lalu hiingga saat ini masih berlangsung yaitu dengan memberikan sosialisasi dan himbauan,”paparnya.

Adapun menurutnya, sosialisasi dan himbauan yang diberikan sudah dilakukan mulai dari tangkat sekolah maupun ke tingkat stakeholder lainnya baik di wisata maupun di perkantoran, Kemudian pak Kapolres melalui Bupati Pangandaran juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait kewajiba ASN di wilayah Kabupaten Pangandaran untuk wajib menggunakan helm supaya menjadi teladan di masyarakat.

Namun dari berjalannya kebijakan tersebut hingga saat ini mungkin saat pagi hari pengendara sudah tertib menggunakan helm namun di siang hari menjelang sore hari kami lihat dilapangan masih sangat rendah tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm.

“Jadi kami menilai masyarakat menggunakan helm karena hanya masih takut kepada polisi padahal polisi belum memberikan tindakan apapun melainkan memberikan himbauan dan sosialisasi untuk menggunakan helm dan melengkapi kelengkapan kendaraanya,”ungkapnya.

Kami berharap masyarakat cepat sadar akan penggunanan helm maupun sosialisasi dan himbauan yang kami sampaikan karena upaya yang dilaukan oleh polres Pangandaran khususnya satlantas adalah untuk keselamatan pengandara itu sendiri.

“Mudah-mudahan dengan sadarnya masyarakat menggunakan helm, diiringi juga dengan sadar kelengkapan, keselamatan lainnya, melengkapi kelengkapan kendaraan seperti spion dan plat nomor,”pungkasnya. (Aries)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *