• Sel. Jul 16th, 2024

globalaktual.com

Situs Berita Teraktual

Tradisi Memperingati HUT Bhayangkara, Kapolres Mura Tabur Bunga

MUSI RAWAS, globalaktual.com – Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Ny Anggitta Danu, menghadiri sekaligus mengikuti Upacara, Ziarah Makam Pahlawan dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlwan Lubuklinggau, sekitar pukul 07:30 WIB, Selasa (27/06/2023).

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan ini, merupakan tradisi dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023. Nampak hadir juga dalam upacara tersebut, para Kabag, Kasat dan Kasi Mapolres Musi Rawas.

Selain itu, terlihat hadir juga, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi beserta jajaran Polres Lubuklinggau.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Wakapolres, Kompol Harsono SH, mengatakan bahwa upacara ini merupakan perwujudan penghormatan Polri kepada para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya dalam meraih kemerdekaan.

“Sehingga sekarang kita dapat merasakan kemerdekaan dan tugas kita selanjutnya ialah melanjutkan perjuangan para Pahlawan melalui menjaga Keamanan ketertiban masyarakat,” kata Kapolres didampingi Wakapolres.

Kapolres menjelaskan, 1 Juli merupakan hari bersejarah bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu merupakan hari Kepolisian Nasional yang diambil dari momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946. Sejak terbitnya PP Nomor 11 Tahun 1946, Kepolisian negara bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden.

“Tentu semua itu tidak lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia sejak proklamasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, untuk itu, setiap tanggal 1 Juli jajaran Polri selalu memperingati Hari Bhayangkara, salah satunya dengan menggelar upacara ziarah di makam pahlawan dan tabur bunga pada hari ini

Selain itu, kegitan ini sebagai wujud Polri untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam mengemban tugas untuk kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“Untuk itu, kepada seluruh anggota Polri khususnya jajaran Polres Musi Rawas , mari sama-sama kita bangkitkan terus jiwa patriot kita demi bangsa dan negara,” ucap suami Ny Anggitta Danu

Kembali, perwira yang berlantar belakang dan bertugas sebagai Intelegent Negara ini memaparkan, salah satu motto Polri yakni Rastra Sewakottama yang artinya Abdi Utama Bagi Nusa Bangsa.

Polri mengemban tugas-tugas Kepolisian negara di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan, ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat, serta penegakan hukum.

“Mari kita teladani dan tanamkan semangat jiwa pengorbanan itu pada diri kita sebagai Bhayangkara Negara untuk menjalankan tugas dengan tulus ikhlas demi terwujudnya Polri yang Presisi,” tutup orang nomor satu di Mapolres Musi Rawas ini. (*Separi)

By admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *