Pariwisata

Hajat Laut Nelayan Bojongsalawe Dijadikan Sebagai Ajang Promosi Wisata

Pangandaran, globalaktual.com – Nelayan Pantai Pangandaran yang ada di desa Bojongsalawe menggelar tradisi hajat laut atau syukuran nelayan yang digelar di Pelabuhan Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran.

Tradisi rutin tahunan sebagai simbol dan ucapan rasa syukur nelayan atas semua rezeki yang diperoleh satu tahun kebelakang itu, digelar dengan penuh antusias dan khidmat.

Ketua Rukun Nelayan Bojongsalawe Kabupaten Pangandaran, Sugito menyiapkan, tradisi syukuran hajat laut yang digelar masyarakat nelayan Bojongsalawe kabupaten Pangandaran merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang para nelayan.

“Tradisi ini terus dipertahankan dan dipelihara karena mempunyai filosofi dan tujuan yang baik,” kata Sugito, disela sela kegiatan Hajat Laut di Pelabuhan Bojongsalawe Pangandaran, Senin (07/08/2023).

“Kami berpandangan bahwa kegiatan Hajat Laut yang dikemas dengan larung pangan (sedekah laut) dan dilaksanakan setiap tahun merupakan salah satu tradisi dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya leluhur dengan makna sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pemberi (Allah SWT),” tandasnya.

Sugito menyebutkan, tujuan digelar tradisi syukuran nelayan yaitu sebagai bentuk rasa syukur kalangan nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan kemurahanya Tuhan telah memberikan rezeki yang melimpah di lautan luas.

“Selain bertujuan baik, yaitu sebagai momentum untuk menyampaikan rasa syukur atas nikmat yang diterima selama ini, juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi antar nelayan,” ujarnya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, tradisi hajat laut atau syukuran nelayan ini menjadi momentum untuk bersama sama memelihara laut.

‘’Tradisi ini terus berkembang sampai sekarang. Adat dan budaya kita tonjolkan, tetapi tetap tidak melanggar syariat Islam,’’ ujar Jeje.

Kegiatan budaya ini, papar dia, harus masuk dalam kalender event di Pangandaran dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Menurut dia, wisatawan dapat menyaksikan kegiatan tersebut sebagai kearifan local warga Pangandaran.

Jeje mengakui, untuk tahun ini pihaknya tidak terlibat langsung dengan acara hajat laut. ‘’Insya Allah, dalam hajat laut tahun depan akan didesain sedemikian rupa,’’ katanya.

Hadir dalam acara ini, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Ketua TP-PKK kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela, Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Ijah, Anggota DPRD Pangandaran Citra, Dandim 0625 Pangandaran Letkol Arm. Yusuf Andriyanto, Kapolres Pangandaran yang diwakili Kabag Ops Polres Pangandaran Kompol Dodi Armansyah, Ketua HNSI Pangandaran Ade Entik, Camat Parigi, Kades se-Kecamatan Parigi dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan hajat laut ini digelar berbagai lomba dan pembagian santunan kepada anak yatim, jompo, serta sunatan massal. (A. Haris)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *