Pembangunan

Pemasangan Saluran U Beton Dk.Kaliongkek Mendapat Apresiasi Warga

Batang, globalaktual.com – Pemerintah Desa Kandeman, Kecamatan Kandeman membangun Saluran Pembuangan Air dari beton bertulang dengan bentuk huruf U biasa digunakan untuk saluran drainase atau irigasi, Senin (23/08/2023).

Saluran U Beton di Desa Kandeman yang berlokasi di Dk. Kaliongkek itu dibangun untuk menindak lanjuti usulan masyarakat setempat yang sebelumnya tidak memiliki saluran sehingga menimbulkan air tidak lancar dan sedikit banjir di kala musim hujan.

Sementara itu, Budy Warnoto atau yang kerap disapa Gito Selaku Kades Desa Kandeman Mengatakan kepada awak media, fungsinya Saluran ini dibangun untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain.

“Sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ke tempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap ke dalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Lanjut Gito, pembangunan Saluran U Beton tersebut merupakan usulan warga yang memang sejak lama dinginkan.

“Untuk itu ditahun ini pihaknya hanya bisa melanjutkan dan merealisasikan pembangunan tersebut guna untuk melancarkan saluran pembuangan air rumah tangga,” bebernya.

Pembangunan Saluran U Beton di Dukuh Kaliongkek sepanjang 134 meter dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023.

Salah satu warga desa Kandeman yang enggan disebutkan namanya mengatakan memang benar dulu nya disini tidak ada saluran dan sering banjir kalau musim hujan.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas di bangunnya Saluran ini, karena dengan saluran ini bisa memperlancar saluran air rumah tangga dan bisa menampung air di kala di musim hujan, sehingga dengan adanya bangunan saluran ini warga masyarakat Desa Kandeman bisa merasakan manfa’atnya,” pungkasnya. (h3n)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *