Kesehatan

UPT Puskesmas Megang Kini Menuju Terakreditasi, FKTP

Lubuklinggau, globalaktual.com – Untuk meningkatkan pelayanan sarana kesehatan dasar khususnya Kepada  warga kelurahan Megang dan kota lubuk linggau Kini Puskesmas  Megang yang beralamat jalan Nangka Lintas kelurahan megang Kini berusaha meningkatkan fasilitas sumber daya para tenaga kesehatan, yaitu dengan lolosnya dan terakreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),

dilakukan Langsung oleh Tim Survey Lembaga Akreditasi fasyankes Seluruh Indonesia yang di pimpin Langsung oleh dr. Yanuardi Yazid, Msc.

Hadir juga Kadinkes Kota Lubuk Linggau Drs. Erwin Armeidi, M.Si dan tak lupa juga Kepala UPT Puskesmas Megang Hj. Elis Sundari, SKM.

Adapun harapannya Agar UPT Puskesmas Megang semakin bisa memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan benar kepada masyarakat Kota Lubuk Linggau dan Kelurahan Megang pada khususnya, kamis (07/09/2023).

Berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja, yang berkesinambungan baik pelayanan klinis, upaya Puskesmas dan manajerial
Puskesmas.

Akreditasi FKTP merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan.

FKTP yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian, Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu untuk mememnuhi persyaratan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang akan kerjasama dengan BPJS dipersyaratan lulus akreditasi.

Dalam pelaksanaan akreditasi Puskesmas dilakukan penilaian terhadap manajemen Puskesmas, penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat, dan Upaya
Kesehatan Perorangan dengan menggunakan standar akreditasi FKTP yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Untuk memenuhi standar akreditasi Puskesmas, dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator yang kompeten agar Puskesmas dapat membangun sistem pelayanan klinis serta penyelenggaraan upaya Puskesmas, yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitemen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan.

Untuk itu, perlu terlebih dahulu dilakukan Pelatihan bagi calon pendamping akreditasi
FKTP yang berasal dari Dinas Keshatan Provinsi Sumatera Selatan. (RI)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.