Aktual

Pastikan Pemilu Berjalan Kondusif, Polres Bulukumba Gelar Simulasi Sispamkota

BULUKUMBA, globalaktual.com – Kepolisian Resor Bulukumba Polda Sulsel menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini berlangsung didepan gedung KPU Bulukumba Jl. Jend. Sudirman Kelurahan Bentengnge Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Kamis (12/10/2023)

Sebelum kegiatan, terlebih dahulu dilaksanakan apel pengecekan dipimpin oleh Kapolres Bulukumba AKBP Supriyanto S.I.K.,M.Si, diikuti peserta dari Personel Kodim 1411/Blk, Personel gabungan Polres dan Polsek, Dishub dan Satpol PP kabupaten Bulukumba.

Kegiatan simulasi Sispamkota ini dihadiri dan disaksikan oleh Jajaran Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan Sispamkota tersebut, disimulasikan adanya massa pendukung dan simpatisan peserta Pemilu mendatangi KPU Bulukumba, karena merasa tidak puas dengan hasil tahapan dan perolehan suara Pemilu 2024.

Diasumsikan para simpatisan menduga ada permainan curang dari KPU yang membuat calon yang mereka dukung kalah.

Simpatisan yang tidak puas lantas membakar ban-ban bekas di sepanjang jalan di depan gedung KPU, serta melakukan perlawanan terhadap petugas pengamanan.

Ratusan personel gabungan dari Polres Bulukumba Kodim 1411/Blk dan instansi terkait diturunkan untuk mengatasi kerusuhan hinga situasi kembali kondusif.

Pada simulasi tersebut juga diperagakan Personel berhasil mengamankan sejumlah orang yang diduga sebagai provokator, sementara massa dibubarkan dengan pengerahan petugas dari Ton Dalmas (Pengendali Massa) dan mobil Water Cannon.

Tim Medis dari Sidokkes Klinik Polres Bulukumba, juga disiapkan untuk menangani atau evakuasi manakala terjadi korban luka baik dari Tim pengamanan maupun dari Simpatisan.

Kapolres Bulukumba AKBP Supriyanto mengatakan, simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dipersiapkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024, yang bertujuan melatih kesiapan dan kemampuan para personel dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu.

“Di Skenariokan terjadi Kontijensi atau terjadi aksi unjuk rasa, sehingga para anggota telah memiliki kesiapan, atau siapa, dimana berbuat apa, sesuai dengan tugas fungsi dan tanggung jawabnya,” Jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan kegiatan Sispamkota sekaligus untuk mengukur dan menjaga sinergi, serta kerjasama untuk selalu menjaga kesiapsiagaan, serta mengecek kesiapan perlengkapan sarana dan prasarana serta personel.

Kapolres berharap, pelaksanaan Tahapan Pemilu di Kabupaten Bulukumba bisa berjalan aman dan kondusif, dengan dukungan, kerja sama yang baik dengan semua pihak.

“Memasuki tahapan pemilu, jajaran Polres Bulukumba telah melaksanakan kegiatan dan upaya pencegahan melalui himbauan dan penyuluhan yang bersifat preventif dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif jelang pemilu.” Pungkas Kapolres.  (Ikbal*)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *