Aktual

Pj Sekda Kabupaten Musi Rawas Hadiri Pembukaan Sosialisasi PBJ Sistem Cataloge Lokal

MUSI RAWAS, globalaktual.com – Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) Hj Ratna Mahmud, yang diwakili oleh Penjabat Sekretariat Daerah kabupaten Musi Rawas Sekda Ir Aidil Rusman menghadiri acara kegiatan pembukaan sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) melalui sistem Cataloge Lokal maupun e-Kontrak di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura.

Acara yang berlangsung,di Ballroom Hotel Dewinda Lubuklinggau, Rabu (18/10/2023) Pukul 08.30 Wib.

Bupati Mura Hj Ratna Machmud yang wakili disampaikan oleh Pj Sekda Kabupaten Mura Aidil Rusman,bahwa kegiatan sosialisasi Pengadaan Barang hingga Jasa dengan sistem Cataloge Lokal dan e-Kontrak ini.merupakan upaya Pemkab Mura guna melakukan perbaikan pengelolaan keuangan negara agar lebih efesien dan efektif.

Salah satu perwujudannya yakni dengan melaksanakan proses pengadaan barang maupun jasa oleh Pemerintah Daerah (Pemda) secara elektronik.

“Dengan pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (UU) yang berlaku,”kata Pj Sekda.

Pj Sekda Kabupaten Mura Ir Aidil Rusman menuturkan melalui e-cataloge ini, pengguna jasa dapat memastikan bahwa penawaran yang disampaikan oleh vendor telah memenuhi atau tidak sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan dan dibutuhkan oleh instansi terkait.

Oleh sebab itu, dengan sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong para pelaku usaha kecil dan mikro untuk mendaftarkan usahanya dalam e-cataloge lokal Kabupaten Mura.

“Untuk ke depannya, belanja pengadaan barang/jasa akan dilakukan secara elektronik,kita akan mendorong dan mengharuskan OPD untuk melakukan transaksi belanja pengadaan barang dan jasa secara elektronik melalui e-cataloge lokal,”tutur Pj Sedta.

Ir Aidil Rusman Pj Sedta Mura menegaskan bahwa  Pemkab Mura akan melakukan monitoring dan secara berkala melaporkan proses e-cataloge lokal, seperti seberapa banyak produk yang ditampilkan dan jumlah transaksi melalui e-cataloge lokal.

“Karena e-cataloge merupakan sebuah tempat penyimpanan elektronik informasi tentang barang, produk ataupun jasa. e-cataloge berperan penting karena berisikan daftar item, spesifikasi dan harga yang menjadi rujukan dalam komparasi berbagai produk sejenisnya,”tegas Pj Sedta.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) PBJ Sekretariat Daerah (Sedta) Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Mura Robi menjelaskan sebenarnya kegiatan hari ini, merupakan kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan keuangan melalui sistem Cataloge Lokal dan e-Kontrak.

“Tujuannya di tahun 2024 nanti tidak ada lagi sistem keuangan di Kabupaten Mura mengunakan cara manual,namun semua di leading sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah melakukan transaksi melalui Cataloge Lokal dan e-Kontrak,”jelas Robi.

Robi juga memaparkan pelayanan sistem Cataloge Lokal dan e-Kontrak ini,di tahun 2024 nanti akan diterapkan pada setiap OPD yang ada di ruang lingkup Pemkab Mura termasuk juga Perusahaan Media.

Misalnya salah satu Perusahaan Media sebelum masuk dalam Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE),terlebih dahulu Perusahaan Media tersebut mengajukan semua ketentuan maupun persyaratan yang berlaku.

“Setelah persyaratan hingga ketentuan yang sudah di ajukan semua terpenuhi maka selanjutnya akan di cantumkan di E katalog tersebut,jika yang masih mengunakan sistem manual nanti ada ketentuan lainnya,”papar Robi.     (*Ari)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.