Nasional

Ratusan Personel Polres Mura Disiagakan Dalam Pengamanan Pemilu 2024

MUSI RAWAS, globalaktual.com – Ratusan personel Polres Musi Rawas (Mura), bakal disiagakan dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu), Tahun 2024, khususnya diwilayah Kabupaten Mura.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Wakapolres, Kompol M Harsono SH, Kabag Ops, AKP Tony Saputra SIK, SH, Kabag SDM, Kompol Edi Putra Jaya, Kabag SDM, Kompol Nusirwan dan Kasi Humas, Iptu Herdiansyah, saat dimintai keterangan oleh insan pers usai memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Musi 2023-2024, Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Mura, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (17/10/2023).

Saat Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Musi 2023-2024, Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Mura nampak hadir, Asisten I Setda Mura, H Ali Sadikin, Mayor Cpm Abdul Wahab, perwakilan Brimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor, perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Ketua Bawaslu Mura, Yeni Kartini dan Ketua KPU Mura, Wahyu Hidayat Setiadi, beserta PJU Polres Mura, Kapolsek Jajaran hingga Kepala OPD terkait.

“Hari ini kami, (Polres Mura), bersama unsur Forkompinda serta penyelenggara Pemilu meliputi KPU Mura dan Bawaslu Mura, menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Musi 2023-2024, Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Mura,” kata Kapolres

Kapolres menjelaskan, nantinya pada pelaksanaan Pemilu 2024, personel Polres Mura akan mengerahkan 2/3 (dua sepertiga), personel artinya lebih kurang sekitar 304 personel Polres Mura, dan akan dibackup oleh rekan-rekan kita dari Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan (Sumsel), TNI (Kodim 0406 Lubuklinggau), Subdenpom II/4-5 Lubuklinggau, serta Pemkab Mura meliputi dinas terkait.

Dan untuk diketahui, tahapan Pemilu, terus kita lakukan dalam rangka Ops Mantap Brata Musi 2023-2024, mulai tanggal 19 Oktober 2023, sampai dengan tanggal 20 Oktober 2024 mendatang, dan merupakan masa yang krusial, khususnya pada tanggal 14 Februari 2024 Pemilu (Pencoblosan/pemilihan).

Kemudian, mengenai Intruksi Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, bahwa Polda Sumsel tidak termasuk dalam kategori rawan ataupun sangat rawan, termasuk Musi Rawas.

“Namun tentunya kita berharap walaupun dalam kategori tersebut, ini tidak membuat kita lengah, tentunya kami unsur Polri tetap berusaha menciptakan situasi aman, damai, kondusif dan sejuk,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, selain itu kami sudah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari, Rakorlintas Sektoral, TFG dan kemarin, kami juga melaksanakan Simulasi Sispamkota, kita telah mesimulasikan berbagai kondisi keseharian, pencoblosan, situasi di TPS, situasi di kantor KPU, kemudian tiba-tiba ada kejadian yang sifatnya kontijensi, sampai kita didukung oleh rekan-rekan kita Brimob, ini tentunya step by step atau langkah-langkah pengamanan yang kita lakukan.

“Kami memohon dukungan kepada masyarakat, karena kegiatan ini tidak bisa kita laksanakan sendiri baik TNI, Polri ataupun unsur Pemda Mura, namun dukungan semua pihak-pihak serta penyelengara pemilu dan kontestasi pemilu 2024,” tutur Kapolres.

Kapolres menambahkan, di 14 kecamatan di Mura, seluruh wilayah sama, kami akan mempelajari situasi Pemilu sebelumnya tahun 2019, ada memang saat rekapitulasi ada mengarah ke hal negatif yakni di Muara Lakitan dan Muara Kelingi.

“Tetapi tentunya, kita berharap 2023-2024 ini, kita berharap situasinya bisa berubah dan kami juga memaksimalkan pengamanan disuruh wilayah sehingga keamanan semuanya bisa tercapai,” tutupnya.  (Ari*)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.