Pembangunan

BPBD Kota Pekalongan, Salurkan 103 Bantuan Rumah Roboh

Kota Pekalongan, globalaktual.com –  Hingga pekan pertama bulan Oktober 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan telah menyalurkan 103 paket bantuan rumah roboh kepada para penyintas bencana yang tersebar di 4 kecamatan setempat.

Jumlah tersebut disebutkan oleh kepala BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo saat ditemui di ruang kerjanya kemarin. Ia mengungkapkan bantuan tersebut diberikan kepada warga yang terdampak bencana atau musibah sehingga terjadi kerusakan tempat tinggal yang bersifat kegawatdaruratan.

Berdasarkan data yang dilansir dari BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto menyebutkan ajuan yang masuk sebanyak 130, 103 diantaranya bantuan dana tersebut sudah diserahkan kepada penerima, 9 diantaranya sedang dalam proses dan 12 ajuan lain diteruskan kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) setempat, dikarenakan setelah dievaluasi dan dilakukan survei lapangan, kebutuhan anggaran lebih besar dari plafon dana bantuan darurat yang dialokasikan oleh BPBD Kota Pekalongan.

“Bantuan yang dikeluarkan oleh BPBD sejumlah 7 juta rupiah karena sifatnya kedaruratan, jika setelah kami tinjau kerusakannya cukup banyak dan melebihi anggaran kami, sehingga kita lanjutan ke Dinperkim kaitannya dengan RTLH,” katanya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang mengalami rumah roboh akibat cuaca ekstrim atau tertimpa pohon atau lainnya dan bersifat kedaruratan, dapat melaporkan langsung ke kelurahan setempat dan juga melaporkan pada BPBD kota Pekalongan untuk bisa ditindaklanjuti dengan survei lapangan.(tim)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *