Wakil Bupati Pangandaran Dorong Kampung MAPAN Dijadikan Objek Wisata

Pangandaran, globalaktual.com – Wakil Bupati Pangandaran, H Ujang Endin Indrawan meresmikan gerakan inisiatif kampung Madu Pangandaran (MAPAN) bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Hutan Taruna Karya, Dusun Karangkamal Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Selasa (16/11/2021) Siang.

Pada pelaksanaan tersebut, selain Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan juga hadir dari Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Dinas PMD Provinsi Jabar, Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perindakop dan UMKM Pangandaran, Kepala Dinas Sosial dan PMD, Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan, Sekdis Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Cojulang, Polsek Cijulang, Koramil Cijulang, Kepala Desa Margacinta, Team Penilai verifikasi Jabar dan tokoh masyarakat lainya.

Ujang Endin Indrawan dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintahan Kabupaten pangandaran mengucspkan rasa terimaksih kepada tim patriot yang telah memberikan motipasi terhadap budidaya kampung Madu Pangandaran (MAPAN).

Mudah mudahan motipasi ini bisa mendorong terhadap perubahan mentalitas masyarakat pedesaan yang mestinya betul betul menjadi masyarakat berprinsip ekonomi, supaya dapat meningkatkan perekonomian di dusun Karang Kamal, khususnya masyarakat di desa Margacinta ini.

“Dusun Karangkamal desa Margacinta ini salah satu dusun termarjinalkan sampai saat ini, bisa dibuktikan jalanpun masih belum memadai, namun tak terduga saat ini dusun Karangkamal melalui pemberdayaan Kampung Madu Pangandaran (MAPAN), bisa memasuki 23 besar pada ajang KIJB 2021, mudah-mudahan kedepan, dengan adanya program sekarang, insfrastruktur bisa lebih baik dengan dukungan berbagai pihak,” terangnya.

Ujang Endin menambahkan, selain itu dengan memotivasi mendorong masyarakat untuk maju berkembang, terutama kedepannya bisa meningkatkan gerakan perekonomian masyarakat akan lebih maju dan berkembang dengan gerakan perjuangan secara bersama sama, pasti akan menghasilkan yang masimal sesuai yang diharapkan.

“Kedepan, mudah-mudahan dari provinsi datang dan memberikan pembinaan sambil membawa anggaran atau uang, demi kemajuan berkembangnya masyarakat pedesaan makmur dan sejahtera,”katanya.

Selain itu, menurut Ujang Enzim, untuk memproduktifkan masyarakat, tidak terlalu sulit yang penting kebersamaan serta penting perlunya dibantu bidang marketingnya, agar segala hasil produksi bisa dilakukan penjualan.

“Maka jangan lupa perlu diperhatikan mutu dan kwalitas hasil produksi di samping kuantitas, sehingga bilamana sudah jelas dalam bidang market ke depannya bisa dikembangkan di tempat tempat lainnya,”tutur Wabup.

Wabup menambahkan, kedepannya selain menjadi produksi Madu, juga bisa disesuaikan dengan kepariwisataan sesuai dengan pemerintah.

“Wisatawan berkunjung selain menikmati wisata, juga bisa menikmati madunya, yang penting terus berjuang dan bergerak demi kemajuan bersama,”tegas Wabup.

Sementara Lisa Apriani Kabid KPPN Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa, selaku Tim Penilai KIJB, mengapresiasi pada Pemkab Pangandaran, di tahun 2021 ini, patriot desa khususnya, program patriot desa Pangandaran yang di launching oleh DPMD bisa masuk ke 23 besar pada ajang KIJB 2021.

Dengan hadirnya program ini, menurutnya semata mata atas dukungan semua pihak, karena Program ini tidak akan berjalan apabila tidak ada dukungan baik dari elmen masyarakat dan dari pemerintah daerah.

“Saya ucapkan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran Pemkab Pangandaran yang telah hadir disini, mudah-mudahan ini memberikan nilai lebih kepada tim penilai Kampung MAPAN ini, bukan hanya milik dusun Karangkamal, namun Kampung MAPAN ini adalah milik Kabupaten Pangandaran, Pangandaran Juara, Jawa Barat Juara,” Pungkasnya. (A. Haris)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *