18 Siswa PKBM Brilliant Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan Tahun Ajaran 2022

Pangandaran, globalaktual.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Brilliant kembali menyelenggarkan ujian pendidikan kesetaraan program paket C setara SMA/K Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Rabu 13 april sampai Minggu 17 april 2022.

Berdasarkan jadwal UPK dalam satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan dari total sepuluh mata pelajaran. Bertempat di gedung Yayasan Brilliant desa Cimindi Kecamatan Cigugur kabupaten Pangandaran.

Ujian akhir kelulusan ini diikuti oleh 18 peserta dari total 28 peserta paket C yang terdata dalam dapodik.

Ketua PKBM Rina Herlina, S.Pd selain menyampaikan agar setelah lulus, para peserta dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi atau setidaknya bisa mengabdikan diri untuk Pangandaran.

“Sasaran PKBM selama ini adalah mereka yang putus sekolah dan tidak mampu. Program ini dilakukan guna menuntaskan permasalahan putus Sekolah dan wajib belajar 12 tahun,”ujarnya, Jumat (15/04/2022).

Menurutnya, baik pendidikan formal maupun nonformal memiliki tugas dan fungsi yang sama yaitu mencerdaskan anak bangsa. Nilai plus lembaga PKBM yaitu dapat menyelamatkan anak bangsa yang putus sekolah atau tidak sempat mengenyam pendidikan karena keterbatasan ekonomi.

“Dan berharap adanya perhatian dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait sarana dan prasarana pendidikan pada setiap lembaga PKBM,”ungkapnya

Adapun mata pelajaran yang diujikan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Sejarah Indonesia, Geografi dan Sejarah, serta Matematika dan Ekonomi.

Sementara itu, dalam kegiatan monev dari Dinas Pendidikan bidang Paud PNF Plt Kabid Undang Suhendar, S.Pd, MM mengungkapkan, bahwa PKBM sebagai sarana untuk menyelesaikan rata -rata lama sekolah.

“Kita sebagai pemerintah terus memberikan dukungan terhadap masyarakat yang ingin malanjutkan pendidikan melalui PKBM dengan program Paket B atau Paket C,” jelas undang Suhendar. (Red)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.