Rantang ASN dan Siswa SMA, SMK dan SLB Pangandaran, Berbagi dan Peduli di Bulan Ramadan

Pangandaran, globalaktual.com – Gebyar SmartTren Ramadhan 1443 H Rantang ASN dan Siswa, SMA, SMK dan SLB Kabupaten Pangandaran yang di pusatkan di SMA N 1 Pangandaran berlangsung penuh keakraban, kehangatan dan semarak.

Kegiatan yang digagas oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI), dilaksanakan di aula terbuka SMAN 1 pangandaran, Jalan Raya Pangandan, Babakan, Jumat (22/04/2022).

Dari pantauan globalaktual.com, acara itu dihadiri oleh Kepala KCD XIII Jawa Barat, Sekretaris Disdikpora Pangandaran Kerja Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Pangandaran.

H. Suhendra, SH, M.Si Kepala KCD Wilayah XIII mengatakan, bahwa kegiatan Gebyar SmartTren Ramadhan SMA, SMK dan SLB kabupaten Pangandaran merupakan momen yang baik di bulan yang baik.

“Bagaimana momen yang baik ini kami lakukan inovasi dan kolaborasi sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun dan mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin,” kata suhendra, Jumat (22/04/2022) sore.

Lanjutnya, Ini semua yang melakukan adalah para siswa mereka belajar juga untuk berbagi kepada sesama, dan ini menunjukkan bahwa antara semua stakeholder yang ada di cabang dinas wilayah Kabupaten Pangandaran yang didukung oleh MKKS SMA SMK dan K3S SLB.

“Semuanya ini tergabung dalam suatu kegiatan yang sama dan punya spirit yang sama untuk menebarkan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat,” ungkap Suhendra.

Sehingga tujuan dari kegiatan SmartTren yang telah berjalan di sekolah bisa menginspirasi serta menggambarkan hal-hal baik kepada masyarakat.

Hal tersebut, ditegaskan Suhendra sebagai awal yang baik di bulan Ramadhan ini.

“Menjadi awal bagaimana kita bersilaturahmi dengan baik sehingga kita akan melakukan kegiatan kegiatan yang produktif dan edukatif,” katanya.

Adapun orientasi dari kegiatan SmartTren Ramadhan adalah menanamkan karakter baik kepada para siswa.

Rantang ASN dan Siswa SMA, SMK dan SLB Pangandaran, Berbagi dan Peduli di Bulan Ramadan

Di tempat yang sama Sukirman Ketua MKKS SMA Kabupaten Pangandaran, H. Sukirman mengatakan, bahwa kegiatan ini secara prinsip adalah program Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar. Bagaimana mendorong agar Jabar Juara ini lebih cepat terakselerasi dengan berbagai kegiatan.

Di antaranya adalah kegiatan di bulan Ramadhan ini, bagaimana nanti sekolah sekolah mengajak siswanya untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan, terutama yang terkait dengan upaya penguatan karakter.

Ia mencontohkan kepedulian terhadap masyarakat kecil dan yang membutuhkan, sehingga di dalam kegiatan-kegiatan SmartTren yang sedang dilaksanakan di semua sekolah se-Kabupaten Pangandaran itu punya program, seperti Rantang ASN dan siswa.

“Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kepedulian para siswa dan guru terhadap masyarakat sekitar yang membutuhkan di bulan Ramadhan ini,” kata Sukirman.

Di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan dari tiap sekolah se-Kabupaten Pangandaran dengan pembiayaannya ditanggung bersama.

“Dananya bukan dari MKKS saja, ini ditanggung oleh semua dalam bentuk sumbangan,” kata Kirman.

Sehubungan dengan kegiatan berbagi, pihak yang turut serta sudah membuat paket paket bantuan sekitar 866 paket dengan amplopnya.

“Nanti akan dibagikan ke warga masyarakat yang ada di sekitar sekolah dan masjid yang ada dipinggir jalan protokol, yang tujuannya semua masyarakat itu akan merasakan manfaat, sehingga pada saat-saat tertentu mereka merasakan juga manfaatnya. Ya itulah kepedulian dari kami untuk mereka (warga sekitar Pangandaran),” ungkapnya.

Ketua MKKS SMA kabupaten Pangandaran mengatakan, dukungan dari rekan-rekan kepala sekolah untuk kegiatan ini, sebetulnya gabungan dari beberapa kegiatan.

“Intinya ada Bubos, Bulan Suci Berbagi on The Street, programnya Pak Gubernur, jadi dilaksanakan oleh Forum Kesiswaan dengan MGMP PAI kemudian juga di situ dimasukkan pada kegiatan Jabar Berbagi,” kata H. Sukirman, Kepala SMAN 1 kabupaten Pangandaran.

Di samping berbagi paket sembako, kata Sukirman, ada juga kegaiatan Rantang Pramuka, yang bekerjasama dengan Kwarcab. Ada juga Rantang Siswa, Rantang ASN, isinya merupakan makanan yang dibagikan bagi yang membutuhkan.

Lanjutnya, hal tersebut juga untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial berbagi dengan yang kebetulan ekonominya tidak mampu.

Sedangkan H. Dodi, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Pangandaran mewakili Kepala Dinas Disdikpora memuji program tersebut, yang merupakan kepanjangan tangan dari Disdik Jabar, dalam menyukseskan SmartTren di kabupaten Pangandaran.

“Ini kegiatan yang baik (SmartTren di sekolah se-kabupaten Pangandaran), untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa. Sedangkan di Gebyar Ramadhan ini juga sangat luar biasa, kekompakan terlihat. Di acara juga mengangkat mengenai nilai agama yang bermakna dan seni yang indah. Termasuk memupuk jiwa sosial,” kata Dodi.

Semoga hal baik ini tidak berhenti di sini saja dengan kita melakukan kebaikan-kebaikan lainnya dalam bentuk apapun. Dan semoga kebaikan yang kita lakukan menjadi kebahagiaan dan berkah bagi orang lain. (Haris)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.