Aktual

Jebatan Wiradinata Rangga Jipang Pangandaran Diuji kelayakan Oleh Kementerian PUPR

PANGANDARAN, globalaktual.com – Jembatan Wiradinata Rangga Jipang di jalan lintas pesisir Pangandaran Jawa Barat yang baru rampung pada Maret 2023, di uji kelayakan oleh kementerian PUPR, Rabu 05 April 2023.

Uji kelayakan Jembatan Wiradinata Rangga Jipang ini mengacu pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan.

SE Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 02/P/BM/2022. Yang isinya, tentang pedoman pembahasan penyelenggaraan keamanan jembatan khusus.

Kadis PUPR Kabupaten Pangandaran, Ling Ling Nugraha Sanjaya mengatakan, uji kelayakan jembatan Wiradinata Rangga Jipang ini langsung dilakukan oleh kementerian PUPR.

“Di permen PU itu ada jembatan khusus dan tidak semua jembatan ada uji beban, yang di uji beban itu jembatan pelengkung yang lebih dari 60 meter bentangannya harus di uji sertifikat layak fungsi,” ucapnya, Rabu (5/4/2023).

Terkait adanya isu yang mengatakan ada retakan di bangunan jembatan kata Ling Ling, sebenarnya itu tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataan.

“Kenapa saya bilang seperti itu, karena jembatan ini belum kita pasang expansion joint (sambungan pada badan jembatan) agar lentur saat naik turun dan tidak kaku,”ujar Ling ling.

Menurutnya, kapasitas kekuatan jembatan Wiradinata Rangga Jipang ini sudah bisa dilalui kendaraan yang berbobot 40 ton, sehingga aman untuk digunakan.

“Kalau kemarin-kemarin ada isu retak sebenarnya itu enggak ada, itu hanya sambungan yang belum dipasang expansion joint,” ucapnya.

Sedangkan bisa segera dibuka atau tidaknya akses jalan jembatan Wiradinata Rangga Jipang ini tergantung proses dari uji kelayakan bangunan jembatan.

“Dibawah jembatan ini, kan semua dipasang sensor – sensor. Nanti, hasilnya diolah, sejauh mana kekuatan jembatan ini,” ungkapnya.

Lanjut ling ling, untuk pembangunan jembatan Wiradinata Rangga Jipang ini menurutnya sudah bisa dianggap selesai.

“Hanya, tinggal sedikit – sedikit apa yang menjadi rekomendasi dari Kementrian PUPR,” jelasnya.

Dan untuk patung ikan marlin yang rencana nya akan dipasang disamping kiri dan kanan Jembatan sudah disiapkan, pihaknya akan memasang patung ikan marlin tersebut setelah selesai uji kelayakan.

“Ikan marlin itu mau dipasang dimana mananya, kita nunggu hasil rekomendasi dari kementerian PUPR saja,” pungkasnya. (Hrs)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *