Politik

Awasi Pemilu 2024, Anggota Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin Ajak Warga Bersikap

Pangandaran, globalaktual.com – Menyongsong pesta demokrasi Pemilu 2024, anggita DPR RI Komisi II dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin mengajak masyarakat Pangandaran bersikap militan dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pemilu, termasuk kepada Bawaslu sendiri dalam Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Hotel Blue Orcid, Rabu (02/08/2023).

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan menuturkan, bahwa sangat bersyukur ada support dari Komisi II DPR RI yang salah satunya membidangi terselenggaranya Pemilu 2024.

Iwan juga menambahkan bahwa dalam pengawasan tentu rakyatlah yang berdaulat, terlebih dalam penyelengaraan Pemilu mencegah pelanggaran penyelengaraan-penyelenggaran ketika masa-masa kampanye.

“Terselenggaranya kegiatan ini dalam tahapan evaluasi verifikasi adminitrasi bacaleg yang tentu sangat mendasar, yang selanjutnya pemutahiran data bagi pemilih, yang tujuannya agar pemilih memiliki hak untuk pemilih,” kata Iwan.

Menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti sosialisasi pengawasan penyelenggara Pemilu antara Komisi II DPR RI dengan Bawaslu, Yanuar Prihatin mengatakan, anggaran Pemilu yang begitu besar harus dipergunakan dengan sebaik – baiknya.

Karena itu ia mengajak seluruh masyarkat Madina harus turut mengawasi dan terlibat langsung dalam pemilu 2024 yang akan datang.

”Mari kita awasi dan kawal Pemilu 2024 ini, kita harus berubah dalam pola pikir kita, kita harus lebih baik dari kemarin”, imbau Anggota Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin.

Sedangkan terkait politik uang dalam pemilu mendatang, Yanuar mengaku hal itu masih menjadi polemik yang harus dicari jalan keluarnya.

”Secara perlahan kita harus berubah, jangan lagi seperti kemarin, meski ada politik uang rakyat harus cerdas, karena masa depan bangsa ini jangan kita rusak hanya karena politik uang,” ucap Yanuar.

Dalam sosialisasi pengawasan penyelenggara pemilu yang digagas Komisi II DPR RI dan Bawaslu tersebut menghadirkan komponen masyarakat, Pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Anggota Legislatif dari Fraksi PKB, Bacaleg PKB dari semua Daerah Pilihan 1 – 5, dan perwakilan perempuan.

Pantauan wartawan, peserta sosialisasi tampak antusias dan melakukan tanya jawab dengan Anggota Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin. (A. Haris)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.