Ratusan Rumah di 5 Desa Kabupaten Musi Rawas Terendam Banjir

MUSI RAWAS, globalaktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas melaporkan, terdapat lima desa di dua kecamatan yaitu Selangit dan Stl Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terdampar banjir, Kamis (27/5), sekitar pukul 06.00 WIB.

Penyebab banjir karena intensitas hujan yang tinggi sehingga menyebabkan meluapnya sungai dan terendamnya ratusan rumah warga.

“Kecamatan Selangit tercatat empat desa terdampak yakni Desa Batu Gane, Muara Nilau, Prabumenang dan Taba Gindo. Sementara Kecamatan Stl Ulu Terawas terdapat satu desa terdampak yakni Desa Pasenan,” tulis keterangan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (27/5).

Kerugian materil di Kecamatan Selangit tercatat 247 unit rumah warga, 1 mushola, 1 sekolah dan 1 masjid terdampak dengan Tinggi Muka Air (TMA) hingga 100 cm. Sementara itu, TMA di Kecamatan Stl Ulu Terawas mencapai 150 cm dengan kerugian materil masih pendataan.

Kondisi terakhir di lokasi kejadian pada Kamis (27/5) sore, cuaca cerah dan banjir telah berangsur surut di Kecamatan Selangit sedangkan di Kecamatan Stl Ulu Terawas, genangan banjir masih terjadi di Desa Pasenan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca cerah dan cerah berawan terjadi pada Kamis (27/5) hingga Sabtu (29/5) di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Meski begitu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sumatera Selatan.

“Wilayah Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, OKU, OKU Selatan, dan Musi Banyuasin pada Jumat (28/5) dan Sabtu (29/5),” lanjut BNPB.

Menurut kajian InaRISK BNPB, wilayah Kabupaten Musi Rawas memiliki risiko sedang hingga tinggi dengan 115.345 hektar atau 14 kecamatan berisiko terpapar bencana banjir.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu siap siaga terhadap bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. (Wardani)

admin

Situs Berita Teraktual

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *