Program PTSL Disambut Antusias Warga Desa Batursari

Pekalongan, globalaktual.com – Warga Desa Batursari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, menyambut antusias dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Pasalnya mereka sudah menanti-nanti program tersebut agar dapat segera mewujudkan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki.

Titik selaku Kepala Desa Batursari mengatakan, program PTSL dianggap sangat membantu rakyat kecil untuk memperoleh sertifikat tanah, hal itu karena biaya yang terjangkau. Dengan adanya program tersebut akhirnya cita-cita masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki akan segera terwujud.

“Alhamdulillah masyarakat merasa sangat dibantu dengan adanya program PTSL ini, satu bidang tanah telah saya daftarkan” ucapnya, Senin (05/09/2022).

Sementara itu, Wawan,Ketua Panitia PTSL Desa Batursari mengatakan, program kolektif pengurusan sertifikat tersebut memang sangat dinanti oleh masyarakat. Karena, lanjutnya, jika mengurus pendaftaran sertifikat tanah secara mandiri atau reguler, mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak murah.

“Warga Batursari sangat antusias menyambut program PTSL ini. Soalnya kalau mengurus sendiri butuh biaya antara Rp 5 sampai 7 juta,” katanya.

Wawan melanjutkan, sesuai keputusan dalam Musyawarah Desa (Musdes) Batursari, biaya pengurusan PTSL ditetapkan sebesar Rp150 ribu. Besaran biaya itu disebut atas dasar kesepakatan bersama.

“Sesuai Musdes Batursari, biaya ini berlaku sama, baik untuk warga Desa Batursari maupun untuk yang dari luar desa,” tegasnya.

Di tempat lain, kepala Desa Batursari, Titik menuturkan, proses pengurusan PTSL seluruhnya ditangani oleh panitia. Sedangkan pemerintah desa hanya sebagai fasilitator.

“Harapannya, warga kami segera memanfaatkan PTSL. Karena dengan mendapat kepastian hukum hak atas tanah, akan bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Hen)

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.