Pangdam III Siliwangi Menggelar Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi, Cirebon-Pangandaran

PANGANDARAN, globalaktual.com –  Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menggelar kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi Tahun 2022 diikuti oleh rombongan sebanyak 300 personel. Tujuannya dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi yang ke-76. yang merupakan rangkaian Peringatan HUT Ke-76 Kodam III Siliwangi.

Perjalanan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi menempuh jarak lebih kurang 1000 KM dan menempuh waktu selama 12 hari.

Kegiatan tersebut digelar dengan titik start di Pesisir Pantai Cirebon dan finish di Pantai Pangandaran.

Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi merupakan kegiatan untuk memelihara hubungan silaturahmi terhadap masyarakat yang ada di pulau terluar dan pesisir pantai di wilayah Kodam lll Siliwangi.

Adapun kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi adalah bakti sosial, vaksinasi, pameran produk unggulan, pembibitan dan penanaman pohon mangrove, serta pameran UMKM.

Danrem 062/TN Kolonel Czi Irfan Siddiq mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menutup secara resmi kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi di Lapangan Grand Pangandaran, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu malam (18/6/2022).

Rangkaian kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ditutup secara resmi oleh Danrem 062/TN ditandai dengan pelepasan lampion oleh Pangdam III/Slw beserta Ny. Mia Kunto Arief Wibowo dan jajaran. Acara penutupan dihadiri lebih kurang 500 warga masyarakat dan berbagai elemen di sekitar Pangandaran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di sela-sela mendampingi Pangdam III/Slw melepas lampion di Lapangan Grand Pangandaran.

Lanjutnya menuturkan, dalam rangkaian penutupan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi selain dimeriahkan pelepasan lampion, juga dimeriahkan pentas seni berupa tari-tarian Nusantara yang dilakukan oleh masyarakat Pangandaran binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Danrem 062/TN Kolonel Czi Irfan Siddiq dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi tidak hanya dilaksanakan di wilayah Pangandaran saja, namun juga di seluruh wilayah Kodam III/Slw yang mempunyai tujuan diantaranya untuk memapping potensi daerah pesisir di wilayah Kodam III/Slw terutama di pantai selatan.

Kegiatan ini juga sambung Danrem, sekaligus menginventarisir permasalahan yang ada di masyarakat sebagai bahan masukan kepada Pangdam III/Slw dalam menentukan kebijakan – kebijakan untuk pembinaan teritorial selanjutnya.

Di akhir sambutannya Danrem 062/TN, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar – besarnya apabila selama kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ini ada yang kurang berkenan dan berharap ada masukan ataupun saran untuk menjadikan bahan evaluasi.

Senada Dikatakan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dalam sambutannya mengatakan bahwa, merupakan suatu kehormatan baginya dan warga Pangandaran, Lapangan Grand Pangandaran menjadi tempat penutupan kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Kodam III/Slw. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ini, TNI semakin solid dan semakin kuat bersama rakyat, ungkapnya.

Kapendam menambahkan, pada siang harinya sebelum pelaksanaan acara penutupan, Pangdam III/Slw beserta rombongan juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti melakukan penanaman pohon Mangrove sebanyak 100 pohon di Dusun Bojong Karekes, Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Selain melakukan penanaman pohon Mangrove, Pangdam pun melakukan pembagian sembako, peninjauan stand UMKM, pengobatan massal, vaksinasi, donor darah, serta meninjau stand kesehatan untuk deteksi dini diabetes militus (DM), juga meninjau stand sosialisasi pendaftaran TNI yang digelar oleh Ajenrem 062/TN dan budi daya ikan kerapu dan lobster serta pelepasan penyu ke laut pantai barat Pangandaran.

Hadir pada acara penutupan, Pangdam III/Slw, Irdam III/Siliwangi, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi, para asisten Kasdam III/Slw, para Danrem jajaran Kodam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, Deninteldam III/Slw, Bupati Pangandaran, para Dandim jajaran Kodam III/Slw, para Danyon jajaran Kodam III/Slw, para Perwira jajaran Kodim 0613/Ciamis, Danpos TNI-AL Pangandaran, serta Kepala SKPD se-Kabupaten Pangandaran.

(Haris) Sumber: Pendam III/Siliwangi

admin

Situs Berita Teraktual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.